Rabu, 29 April 2009

Bakat Dagang

Ngomong-ngomong tentang uang saku, ada untungnya aku memberi secukupnya... karena membuat anakku kreatif juga mencari uang sendiri.
Saat musimnya anak-anak suka binder...ituloh semacam kertas surat yang bergambar lucu2...si Kakak nggak mau ketinggalan, setiap aku pergi...dia selalu minta dibeliin kertas binder, karena se-pak lebih murah dari pada bijian, ya...aku beliin aja yang se-pak (kurang lebih isi 20 : lupa). Ternyata ama kakak, kertas binder itu dia ambil cuman beberapa lembar, sisanya....dia jual keteman-temannya dengan harga 200-300 rupiah, padahal aku belinya cuman Rp.3000 - Rp.4000.
Bukan cuman temen-temennya aja yang dia tawarin...sepupunya kalo main kerumah, dia tawarin juga.
Sampai pernah adikku nanya ke anaknya...uangnya habis buat apa..?
si anak ngomong kalo uangnya buat borong binder si kakak....waduh-waduh...mati aku, untung adikku ngerti dan gak ngelabrak aku.

Pernah juga alat-alat tulis...yang memang suka dia beli kalo lagi jalan2 ke mall. Kalo temennya ada yang suka ya...dia lego dengan harga second, pernah aku nanya...kenapa kok temannya mau beli...padahal barang itu khan udah dipakai..?
jawabnya ; Dari pada dia beli baru khan mahal ma... mending beli punyaku aja...lebih murah dan aku gak maksa loh, dianya aja yang mau.
waduuuh....moga-maga aja orangtua temennya gak protes.

Kalo kita berlibur ke luar kota...Kakak pasti minta beliin cendera mata yang bentuknya kecil tapi banyak... misal bolpoint, kalung, gelang dll.
Buat oleh-oleh ke temennya...? oh, tidaaak...dia mau jual ke temennya.
Sebenarnya aku mo protes...tapi ya gimana...sudahlah...kupikir buat latihan...toh itu inisiatifnya sendiri dan harganya juga suka-sukanya aja.

Sebenarnya banyak sekali macam-macam yang dia jual....tapi karena masih anak2, waktunyapun gak tentu...kalo mau aja dia jualan.

Pernah sore itu rumahku berantakan sekali....siapa lagi kalo bukan Kakak yang suka gunting-gunting kertas. Dia mau bikin PIN...sederhana bentuknya cuma namanya ditulis dengan huruf doeble lalu diberi warna, ditempel dikarton tebal...diberi hiasan pita, terakhir belakangnya dia beri peniti.
Besoknya dia pakai ke sekolah, ajaibnya...pulang-pulang dia bilang...." Ma 6 temenku pesen PIN dan sebagian udah kasih aku uangnya..."
herannya kok mau-maunya temennya itu beli PIN itu dengan harga seribu, karena aku juga sedikit kasihan ke temennya...aku bilang ke Kakak kalo PIN nya dijual 500 rupiah aja dan Kakak setuju.

Sekarang...dia punya ide bikin pembatas buku, bentuknya...dia gambar cewek cantik lagi bergaya lalu diberi warna warni dan ditempel di karton.
Ada-ada aja Kakak ini.... siapa tau kelak jadi pengusaha sukses....moga aja.


Kalo adiknya ini lain lagi...biarpun uang sakunya cuman 2000 rupiah, tapi lebih sering uang itu masih utuh...jadi suka dia simpen di dompet yang diletakkan di lemariku.
Apalagi kalo pas kita jalan-jalan ke Mall dan ngeliat ada mainan yang dia sukai...pasti dia inget-inget harga dan tempat mainan itu dijual. Adik akan nabung mati-matian supaya bisa beli mainan itu....
Tapi yang namanya orang tua mana tega kalo ngeliat yang begini...
Memang aku biarkan dia punya niatan nabung...tapi ya berapa lama sih bisa cukup untuk beli mainan anak-anak yang harganya gak ada yang murah...bisa-bisa mainan itu udah laku dan anakku bisa nangis dong. Jadi suka aku bilang cukup dan bakal ditambahin kurangnya....jadi lebih banyak nambah, gak pa-pa...yang penting niatnya.

Adik juga ternyata nurunin bakat kakaknya...Sebulan yang lalu dia ditawarin temennya selusin gantungan kunci dengan harga 2000 rupiah.
Pulang-pulang...aku kaget, soalnya tasnya berat oleh gantungan kunci yang pada ditancepin ke resleting tasnya.
Kenapa kok beli sebanyak itu...? katanya "murah ma...uang dua ribuku dapat banyak". Pikirku ya...udah gak masalah.

Eh...besoknya pulang sekolah gantungan kunci itu tinggal separoh, saat iseng aku tanyain, jawabnya dia jual ketemennya 500 rupiah sebiji.
Waduh...anakku semua kok pinter dagang yo....

Kadang kalo adik atau kakak minta macem-macem dan aku males nanggapinya atau cari jawaban yang paling gampang...paling aku ngomong " Kapan-kapan ajalah, sekarang mama gak punya duit..."

Kalo adik denger aku ngomong seperti itu...adik pasti cepet-cepet masuk kamar dan mengambil uangnya seribu kadang sepuluh ribu...pokoknya yang ada didompetnya.
"Ma...ini untuk mama". Lucu dan ngerasa terharu kalo ngeliat tingkah adik ini...
Sekecil ini aja dia sangat care ama mamanya apalagi kelak kalo dia udah gede....
hik..hik..hik...jadi ngebayangin kalo udah tua nanti.

Tuhan...jadikan anak-anakku kelak menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agamanya...selalu patuh dan hormat sama kedua orangtuanya...menjadi pribadi yang menyenangkan di lingkungan dimana dia berada dan tercapai segala apa yang dicita-citakan...amin...amin...amin...ya robbal alamin.

peluk dan cium buat anakku....emh...muah. I LOVE YOU BABY

Tidak ada komentar: