Selasa, 17 Maret 2009

Enaknya dipanggil apa ya....

Dalam bersosialisasi...kita berhadapan dengan banyak orang...dengan lain-lain karakter dan kebiasaannya.
Dalam keluarga kecilku...walaupun aku seorang ibu....aku membiasakan diri memanggil anak pertamaku kakak dan yang bungsu adik. Dan sejak punya anak...kami membiasakan diri untuk saling memanggil mama-papa. Bukan sok romantis sih...tapi si anak kadang meniru apa yang kita ucapkan...mana enak kalo aku dipanggil nama doang ama anakku...
Dulu waktu kakak masih kecil...kakak suka memanggil aku dengan mama Nia...
Sayaaang..., emang mamanya ada berapa.... kok pakai disebutin namanya...pikirku saat itu...tapi dengan berlalunya waktu...udah biasa panggil aku mama aja tanpa embel-embel.

Begitu juga dengan pembokat...walaupun dia umurnya jauh dibawahku...ya aku memanggilnya tetep ‘mbak anu’....supaya anakku juga biasa memanggilnya begitu. Dan juga selalu kuajarkan pada pembokatku untuk memanggil orang disekelilingku sebagaimana semestinya.

Untuk dilingkungan temen dan tetangga...aku sih lebih suka dipanggil 'mbak' aja...
mungkin kesannnya biar akrab dan gak terlalu tua-tua amat gitu...he..he..he...kita khan anti kalo disebut tua...ya nggak???

Tapi kebiasaan itu...kadang lain dengan ‘dunia luar’ ku...bagaimana aku tidak risih kalau saat aku bertamu di rumah temenku bahkan adikku sendiri....pembokatnya....memanggil diriku...dengan ‘mbak’, seperti temen dan adikku memanggil diriku.....
Bukan sok gimana sih...tapi kayaknya lebih sopan dan enak didengar...bila ia memanggil kita ibu...ya khan???

Lain lagi dengan cerita temenku ini ....mbak Yayuk sebut aja begitu....dia tinggal diluar pulau Jawa di suatu komplek perumahan dan pembokatnya adalah orang setempat, bukan maksud mendiskriminasikan suatu golongan ya...
Pembokatnya ini bukan yang menetap...tapi dia membantu untuk beberapa rumah, sebenarnya sih gak masalah...tapi yang masalah....pembokatnya ini memanggil dirinya dengan sebutan namanya tanpa embel-embel ‘mbak’... apalagi ‘ibu’... alasannya, kenapa coba....pertama... karena temenku ini lebih muda setaun dari umurnya dan hanya sebagai ibu rumah tangga biasa???? Lho....
Setau temenku ini... kalo nyonya rumah sebagai wanita karier...baru dia mau memanggil ‘ibu’.... ayak-ayak wae...

Pertamanya dia kaget...tapi dengan berlalunya waktu...dia udah biasa dengan kondisi itu dan sepertinya dia tidak berusaha untuk protes....dia berpikir, susah cari pembokat di daerah situ dan kebetulan orang ini jujur dan bisa diandalkan... jadi dia berusaha untuk tutup kuping...dan menghibur hatinya dengan keyakinan...itu mungkin kebiasaan didaerah tersebut.

Tapi alangkah malunya dia...saat keluarga besarnya berkunjung ke rumahnya...dan mendengar pembokat itu memanggilnya dengan nama aja....walah-walah keluarganya pada protes... belum lagi kalo ada telepon yang mencarinya....pembokatnya itu akan teriakin namanya dengan santainya....”Yuk, ada telepon nih”!....wualah-wualaaah... apa nggak panas rasanya telinga ini.
Aduuh mbak...sabar amat dirimu...mungkin lebih baik aku cari yang lain deh......

Tidak ada komentar: